Minggu, 03 November 2013

Kenapa Kita Belajar Pascal ?

Tentu pada dewasa ini sudah banyak bahasa pemrograman seperti C++, Java, yang jauh lebih mudah dalam pembuatan aplikasi karena kemampuannya yang hebat yaitu Pemrograman Berorientasi Objek.

Yang menjadi masalah adalah kenapa hampir banyak sekolah yang memiliki pelajaran komputer mengajarkan bahasa pemrograman pascal? kenapa mereka tidak mengajarkan bahasa seperti C++, bukankah C++ itu merupakan bahasa pemrograman yang lebih keren? atau lebih cepat? atau lebih banyak digunakan pada masa kini?

Jangankan itu, untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional pada bidang komputer dibutuhkan skill atau kemampuan untuk menguasai Pascal.

Belum lagi masalah jaman, seperti kita ketahui kalau pascal merupakan bahasa pemrograman jadul yang popular pada jaman 1980-an, wah man.. kita sudah pada abad 21 man..

Berikut adalah beberapa alasan kenapa bahasa pemrograman pascal masih  tetap Axis hingga jaman sekarang

1. Bahasa Pemrograman Pascal mudah untuk dipahami

Bahasa Pascal merupakan bahasa yang cukup mudah di pahami, karena menggunakan bahasa manusia (high Level Language) atau bahasa tingkat tinggi. Sehingga lebih mudah untuk dipelajari bagi orang-orang yang mau masuk ke dalam dunia pemrograman. Selain itu struktur yang ada pada pascal jauh lebih rapi dibandingkan bahasa pemrograman lainnya seperti C++ dan juga Java.

2. Bahasa Pascal mengajak kita untuk berpikir

Pada kecanggihan bahasa pemrograman sekarang. Bahwa kita dapat membuat sebuah program dengan mudah, saya ambil contoh simple untuk mengurutkan (sorting) bilangan, pada bahasa pemrograman C++ anda tinggal menggunakan fungsi sort(), sedangkan pada pascal ? anda harus menggunakan logika anda untuk mengurutkan bilangan tersebut.

3. Bahasa Pascal mempermudah para newbie yang ingin memasuki dunia pemrograman

Untuk para newbie atau pendatang baru yang ingin memasuki dunia pemrograman akan jauh lebih mudah apabila dia sudah menguasai bahasa pemrograman pascal kenapa? karena pascal menggunakan tipe data standar, yang juga digunakan pada bahasa pemrograman lainnya, selain itu bahasa pemrograman pascal juga memiliki fungsi perulangan dan percabangan yang mirip dengan bahasa pemrograman lainnya, jadi untuk bermigrasi bahasa pemrograman, dan jika anda sudah menguasai bahasa pascal sebelumnya, umumnya anda akan jauh lebih cepat dibandingkan orang yang belum menguasai bahasa pascal sebelumnya.

Ini menurut saya, bagaimana dengan anda?

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © Inteligence Bird | Theme by BloggerThemes & frostpress | Sponsored by BB Blogging